Rabu, 22 April 2009

Pentingnya Media Pembelajaran

PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh: Ari Trisnawati / 071134056

Perkembangan zaman semakin pesat. Begitu pula dalam dunia pendidikan yang merupakan salah satu unsur pendukung kemajuan suatu bangsa. Sumber daya manusia yang berkualitas tercipta dengan adanya pendidikan yang bermutu. Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar yang terwujud dalam interaksi guru dan siswa. Kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan memerlukan usaha untuk mencapainya. Guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang baik dan menyenangkan bagi siswa sehingga siswa mempunyai minat dan motivasi dalam belajar. Apabila siswa mempunyai minat dan motivasi yang besar dalam belajar maka akan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Salah satu cara yang digunakan supaya siswa mempunyai minat dalam belajar adalah penggunaan media dalam pembelajaran. Seberapa pentingkah penggunaan media dalam pembelajaran ?
1. Pengertian Media
Menurut Djamarah ( 2006:120 ), kata “ media ” berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “ medium ”, yang secara harfiah berarti “ perantara atau pengantar ”. Dengan demikian, media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Media adalah sumber belajar, yang secara luas media dapat diartikan dengan manusia, benda ataupun peristiwa yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting dalam kegiatan belajar mengajar. Karena dalam kegiatan belajar mengajar tersebut, ketidakjelasan suatu bahan atau materi pembelajaran dapat dibantu dengan adanya media sebagai perantara atau pemberi pesan informasi. Penyampaian bahan dan materi yang sulit bagi siswa dapat disederhanakan dan diperjelas dengan bantuan media. Dengan adanya media siswa lebih mudah menerima dan memahami materi atau bahan pembelajaran daripada tanpa adanya media. Penggunaan media harus disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai dan materi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran, karena apabila penggunaan media tidak sesuai dengan materi yang akan disampaikan pada siswa dan tujuan yang akan dicapai maka media bukan lagi sebagai alat bantu dalam pembelajaran, tetapi sebagai penghambat dalam pencapaian tujuan. Jadi media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran.
2. Pengelompokan Media
Ada banyak jenis media yang digunakan dalam penyampaian informasi pembelajaran. Setiap jenis media mempunyai karakteristik yang berbeda – beda. Menurut Djamarah ( 2006: 124 ), media dapat digolongkan menjadi :
a. Dilihat dari jenisnya :
1) Media Auditif yaitu media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio, cassette recorder, dan piringan hitam. Media ini tidak cocok untuk orang tuli atau yang mempunyai gangguan dalam pendengaran.
2) Media Visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip ( film rangkai ), slides ( film bingkai ) foto, gambar atau lukisan. Ada pula media visual yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu dan film kartun.
3) Media Audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media ini dibagi lagi menjadi :
Ø Audiovisual diam yakni media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti film bingkai suara ( sound slides ).
Ø Audiovisual gerak yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti film suara.
b. Dilihat dari daya liputnya :
1) Media dengan daya liput luas dan serentak. Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkau jumlah siswa yang benyak dalam waktu yang sama. Contoh : radio dan televisi.
2) Media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat. Media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film, sound slide, film rangkai yang harus menggunakan tempat yang tertutup dan gelap.
3) Media untuk pengajaran individual. Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri. Yang termasuk media ini adalah modul berprogram dan pengajaran melalui komputer.
c. Dilihat dari bahan pembuatannya :
1) Media sederhana. Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah, cara pembuatannya mudah dan penggunaannya tidak sulit.
2) Media kompleks. Media ini adalah media yang bahan dan alat pembuatannya sulit diperoleh serta mahal harganya dan penggunaannya memerlukan keterampilan yang memadai.
d. Dilihat dari bentuknya :
1) Media dua dimensi adalah media yang berisi gambar dan tulisan. Media ini dapat digunakan untuk mengungkapkan fakta dan gagasan melalui penggunaan kata – kata, angka atau bentuk simbol ( lambang ) seperti bagan, diagram, poster dan kartun.
2) Media tiga dimensi terdiri dari media real dan model. Media real merupakan alat bantu visual dalam pembelajaran yang berfungsi memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa seperti obyek nyata benda yang berupa manusia, binatang, tumbuhan atau model.
3. Manfaat Media.
Apa sajakah manfaat penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar ? Manfaatnya antara lain :
a. Media digunakan guru sebagai penjelas dari keterangan terhadap suatu bahan yang
disampaikan.
b. Membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa.
c. Membuat nyata ( konkret ) konsep yang abstrak.
d. Membantu siswa dalam berinteraksi secara langsung dengan lingkungannya.
e. Memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa dalam belajar.
f. Menimbulkan adanya keseragaman persepsi belajar.
g. Menyajikan pesan atau informasi belajar secara serempak bagi siswa.
h. Memberikan variasi dalam pembelajaran.
i. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
j. Menghadirkan obyek – obyek yang sukar didapat ke dalam lingkungan belajar.
k. Membantu siswa supaya mudah memahami dan mencerna materi atau bahan pembelajaran yang disampaikan.
Adapun hal – hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan media sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, yaitu
a. Adanya maksud dan tujuan yang jelas dalam pemilihan media. Pemilihan media harus mempunyai tujuan yang jelas apakah media itu digunakan untuk pembelajaran, untuk pemberian infomasi atau sekedar sebagai hiburan saja. Apabila pemilihan media tepat sesuai, maka proses pembelajaran yang diinginkan dapat berjalan secara optimal.
b. Karakteristik media pembelajaran. Setiap media mempunyai karakteristik tertentu baik dari keunggulannya, cara membuatnya maupun cara menggunakannya. Mengetahui dan memahami karakteristik media merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam kaitannya dengan keterampilan dalam memilih media. Dengan mengetahui dan memahami kerakteristik media juga dapat membantu guru menggunakan berbagai jenis media pengajaran secara bervariasi, efektif dan efisien.
c. Alternatif pilihan. Guru dapat menentukan pilihan media mana yang akan digunakan, karena ada beberapa media yang dapat diperbandingkan. Jadi guru bebas memilih media pembelajaran yang akan digunakan untuk membantu menyampaikan materi, pesan atau informasi.
Jadi media merupakan alat bantu yang sangat penting dalam menyampaikan dan memperjelas materi atau bahan informasi yang akan disampaikan kepada siswa. Sehingga minat dan motivasi siswa dalam belajar akan meningkat dan dengan adanya minat dan motivasi dalam belajar yang besar dalam belajar maka prestasi belajarnya pun akan meningkat.
Email : arickink@gmail.com
Blog : http://www.arickink.blogspot.com/
Daftar Pustaka
Djamarah, Drs Syaiful Bahri dan Drs Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta : PT Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar